jump to navigation

BILA ANDA KEHILANGAN TIKET KERETA API October 9, 2013

Posted by Benny Pudyastanto in : Uncategorized , trackback

 

Bila anda membeli tiket kereta api jauh hari sebelum tanggal keberangkatan, maka Anda harus menyimpan baik-baik tiket tersebut. Jangan abaikan informasi yang tertera dalam tiket tersebut. Setelah anda mendapatkan tiket, segera lihat kode booking yang ada di pojok kanan atas, dan nomor tempat duduk anda. Ingat-ingatlah kedua informasi tersebut, karena akan sangat berguna pada saat keberangkatan.

contoh tiket :

Sebelum anda menggunakan moda transportasi kereta api jarak jauh, pastikan selalu kesiapan diri Anda. Jangan sampai ada barang penting yang tertinggal. Pastikan anda telah membawa tiket kereta api ketika Anda tiba di stasiun. Namun demikian, halangan selalu saja muncul tak terduga. Tiket tidak ada, entah tertinggal, entah terjatuh di jalan, atau hilang kemana. Bagaimana solusinya ?

Bila tiket Anda hilang di luar stasiun, entah di rumah, di jalan, atau di kantor; Pertama : hubungi Polsek terdekat, laporkan bahwa Anda kehilangan tiket KA. Mintalah surat keterangan kehilangan. Sebutkanlah kereta yang akan anda tumpangi, beserta nomor tempat duduk dan kode bookingnya. Kedua, hubungi customer service stasiun untuk meminta tiket pengganti, dengan membawa surat keterangan kehilangan dari Polsek. Bila identitas anda sesuai dengan data penumpang yang mereka miliki, maka anda akan mendapatkan karcis pengganti.

Bila tiket Anda hilang di dalam stasiun sewaktu Anda telah masuk peron, maka yang harus Anda lakukan adalah : Pertama, ingat kembali nomor tempat duduk dan kode booking anda. Kedua, hubungi Polisi Khusus Kereta Api (Polsuska) di stasiun, beritahukan bahwa anda baru saja kehilangan tiket KA, dengan menunjukkan KTP, sebutkan kereta yang hendak anda gunakan, tanggal keberangkatannya, nomor tempat duduk, serta kode booking. Polsuska akan mencatat informasi tersebut dan menerbitkan surat keterangan kehilangan. Ketiga, hubungi Kepala Stasiun untuk meminta karcis pengganti. Bila identitas anda sesuai dengan manifest/data penumpang yang dimiliki oleh petugas, maka Anda akan mendapatkan surat pengganti karcis.

Untuk hal ini Anda tidak akan dikenakan biaya tambahan.

Comments»

no comments yet - be the first?